Pelatihan Pembuatan Proposal School Plan Mahasiswa MPI Tahun 2023

Pelatihan School Plan ini dimulai pada bulan Maret – Juni 2023. pelatihan ini telah dilaksanakan selama tujuh kali pertemuan, dengan narasumber yakni Prof Dr Imron Arifin, M.Pd selaku expert yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sekaligus owner yayasan pendidikan anak saleh. School plan ini diikuti oleh duapuluh lima mahasiswa yang memiliki keinginan untuk dapat merancang sebuah pendidikan yang berorientasi pada masa depan. dalam pelaksanaan school plan dilaksanakan di gedung micro teaching FITK UIN Malang, baik di lantai satu dan dua sesuai dengan kebutuhan pelatihan.

Penjelasan Materi School Plan

Banyak ilmu yang telah diberikan kepada mahasiswa MPI, terkait dengan analisis lingkungan, analisis kebutuhan masyarakat/pasar, analisis kebijkan pemerintah, analisis model lembaga pendidikan termasuk analisis jenjang satuan pendidikan yang akan didirikan, baik dalam bentuk boarding school, fullday school maupun reguler seperti sekolah pada umumnya. Mahasiswa juga diberi ilmu terkait kurikulum yang akan dipilih dan diberlakukan serta berbagai program pendidikan yang akan ditawarkan. Semua program tersebut harus disetting dalam frame yang menarik agar masyarakat termotivasi untuk mengikutinya.

Pelatihan School Plan ini menghasilkan beberapa proposal yang siap untuk dikompetisikan baik di tingkat daerah maupun nasional. Harapannya, akan muncul para mahasiswa MPI yang memiliki kompetensi dalam merancang sebuah sistem pendidikan yang handal. Pelatihan ini juga bermanfaat untuk menunjang kemampuan mahasiswa sesuai dengan bidang dan keahliannya.

Presentasi Proposal School Plan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *