Siap Menuju Akreditasi Internasional FIBAA, Prodi MPI UIN Malang Melakukan Review Kurikulum dengan Prodi MPI UIN Jogja.

Dalam rangka mencapai visi misi kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ykni “Unggul dan bereputasi Internasional”, maka Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berusaha untuk mewujudkannya dengan melakukan review kurikulum dalam konteks Akreditasi Internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Kegiatan mereview kurikulum ini dilaksanakan pada tanggal, 5-7 Juni 2023, di hotel Aston Batu. Dengan difasilitasi atau bantuan dari Lembaga Penjamin Mutu Kampus (LPM) Maka kegiatan review Kurikulum MPI dapat dilaksanakan dengan Baik. Acara tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan prodi lain yang ada di UIN Malang yang juga berupaya untuk mempersiapkan diri dalam melakukan akreditasi internasional baik FIBAA maupun ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Prodi Manajemen Pendidikan Islam mereview kurikulumnya dengan mendatangkan ahlinya atau prodi yang sudah perpengalaman dalam menyelenggarakan Akreditasi Internasional (FIBAA) di lingkungan Kementrerian Agama. Prodi MPI yang sudah melakukan Akreditasi FIBAA dalam hal ini tidak lain adalah dari pergururuan tinggi di yogyakarta yaitu UIN Sunan Kali jaga. Prodi MPI sunan kalijaga ini sudah mendapatkan akreditasi FIBAA Premium yang diperoleh pada tahun 2022. Prodi MPI UIN Malang berusaha belajar kepada “kakak tertuanya” untuk dapat pengakuan penyelenggaraan pendidikan dari Internasional terkait Akreditasi. 

Banyak hal yang harus disiapkan terkait Akreditasi Internasional (FIBAA). Selain prodi MPI yang harus sudah siap, baik terkait proses pembelajarannya, atau administrasinya juga harus di dukung oleh pihak Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan juga Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang harus melakukan apa yang dilakukan oleh prodi, dalam hal ini adalah informasi yang harus bisa di akses oleh semua pihak, terutama pihak dari luar negeri, dengan harapan informasi tersebut dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat Internasional terkait penyelenggaraan pendidikan yang ada di kampus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *